Internet

Sejarah Internet

Mungkin agak sulit dipercaya bahwa cikal bakal Internet sesungguhnya diawali dari Unisovyet, ketika pada tahun 1957 mereka meluncurkan sebuah satelit bernama Sputnik. Peluncuran Sputnik ini dirasakan sebagai “ancaman” oleh musuh besar mereka, yaitu Amerika Serikat. Presiden Dwight D. Eisenhower menyatakan perlunya membangun sebuah teknologi yang membuat AS tetap sebagai negara superior. Kemudian dibentuklah sebuah badan yang disebut Advanced Research Projects Agency (ARPA). ARPA bernaung di bawah Departemen Pertahanan Amerika Serikat atau Department of Defense (DoD).

Pada tahun 1969, DoD memberi tugas kepada ARPA untuk membangun sebuah mata rantai komunikasi antara DoD dengan militer yang tidak dapat disabot oleh musuh mereka. Jaringan komunikasi yang diciptakan ini disebut ARPAnet. Pada awalnya, ARPAnet hanya menghubungkan empat buah situs saja, yaitu :

  • Stanford Research Institute (SRI)
  • University of California at Santa Barbara (UCSB)
  • University of California at Los Angeles (UCLA)
  • University of Utah

Pada tahun 1970, penelitian yang dilakukan di Stanford University menghasilkan sebuah protokol yang disebut TCP/IP. Protokol TCP/IP inilah yang berkembang terus hingga sekarang dan menjadi protokol standar dalam Internet.

Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.

Tanggal 26 Maret 1976, Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.

Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP (TCP /IP ) yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.

Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih

Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.

Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.

Fasilitas Internet

  • Browsing / Surfing :
  • Email ( Electronic Mail)
  • Mailing list
  • Inter relay chatt (IRC) ( Chatting)
  • Newsgroup
  • File Transfer Protocol
  • Telnet
  • Internet telephone
  • Internet fax

Jenis Jenis Koneksi Internet Broadband

Koneksi ADSL

ADSL bekerja dengan membelah saluran sinyal telepon menjadi dua saluran terpisah, satu untuk penggunaan suara normal, dan yang lainnya untuk data pemakaian. Hal ini dicapai dengan menempatan splitter(mikro-filter) pada saluran telepon yang ada untuk memungkinkan komunikasi multi-frekuensi(suara dan data). Sebuah keuntungan besar memiliki line ADSL karena panggilan tidak akan hilang saat sedang online, seperti suara an data dapat ditransfer pada waktu yang sama. ADSL (Asymmetric Digital Subscribers Line) koneksi menjadi lebih dan lebih banyak tersedia dan dapat menyediakan koneksi internet yang sangat baik. Hubungan kerja dengan memisahkan saluran telepon Anda menjadi dua saluran terpisah, satu untuk data (internet) dan satu untuk suara (panggilan telepon), yang berarti Anda dapat berbicara di telepon dan dihubungkan ke internet pada saat yang sama.
Anda akan sering melihat layanan koneksi ADSL diiklankan sebagai memiliki spesifikasi kecepatan yang berbeda, di bawah ini adalah beberapa konfigurasi umum:

• 256Kbps/128Kbps

• 512Kbps/128Kbps

• 1Mbps/256Kbps

• 2Mbps/512Kbps

• 8Mbps/1024Kbps

Perhatikan ada dua nilai untuk konfigurasi masing-masing, angka pertama menyatakan kecepatan download dan angka kedua adalah maksimum kecepatan upload.

Sebagai contoh mari kita ambil 512Kbps/128Kbps konfigurasi kedua, ini berarti bahwa Anda berpotensi dapat men-download data pada kecepatan 512Kbps dan upload data pada 128Kbps. contoh yang paling penting adalah kecepatan download, ini menggambarkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menampilkan suatu halaman web, men-download file musik atau lampiran email.

Sebagai contoh bagaimana kecepatan download berbeda dapat mempengaruhi koneksi Anda, di bawah ini adalah beberapa contoh untuk memberikan gambaran mengenai perbedaan:
Rata-rata Halaman Web (50 Kilobyte termasuk gambar)

• kecepatan 256Kbps download – sekitar 1,56 detik untuk melihat halaman.

• kecepatan 512Kbps download – sekitar 0,78 detik untuk melihat halaman.

• kecepatan 1Mbps download – sekitar 0,39 detik untuk melihat halaman.

• kecepatan 2Mbps download – sekitar 0,195 detik untuk melihat halaman.

• kecepatan 8Mbps download – sekitar 0,048 detik untuk melihat halaman.

Rata-rata file MP3 (file musik) (4 Megabyte)

• kecepatan 256Kbps download – sekitar 2 menit dan 8 detik untuk men-download.

• kecepatan 512Kbps download – sekitar 1 menit dan 4 detik untuk men-download.

• kecepatan 1Mbps download – sekitar 32 detik untuk men-download.

• kecepatan 2Mbps download – sekitar 16 detik untuk men-download.

• kecepatan 8Mbps download – sekitar 4 detik untuk men-download.
Angka di atas hanya teoritis, karena ada banyak faktor lain yang menentukan kecepatan download nyata, seperti kecepatan server / host Anda men-download dari. ADSL menawarkan kinerja yang luar biasa dibandingkan dengan standar koneksi dial-up dan menjadi pilihan pertama bagi pelanggan internet broadband.

Kebanyakan ISP yang menawarkan paket ADSL membebankan biaya bulanan flat, yang biasanya mencakup sejumlah bandwidth setiap bulannya. bandwidth ini mengacu pada jumlah data (halaman web, musik, video, dll) Anda dapat men-download per bulan tanpa menimbulkan biaya tambahan dari penyedia layanan internet.
Koneksi ADSL Pro

Terlepas dari keuntungan kecepatan koneksi ADSL jelas bahwa menawarkan, teknologi ADSL menghilangkan kebutuhan untuk saluran telepon kedua dengan memungkinkan transfer suara dan data pada saat yang sama (Anda dapat menggunakan telepon sebagai sementara biasa terhubung ke internet).

Karena ADSL transfer data digital menghilangkan overhead kinerja yang biasa berhubungan dengan standar koneksi dial-up, dengan kata lain ADSL tidak perlu mengkonversi data dari digital ke analog dan kembali lagi.

Koneksi ADSL Cons

Koneksi ADSL tidak tersedia untuk semua orang, Anda harus selalu memastikan bahwa Anda berada dalam jangkauan ADSL di daerah Anda (ISP akan memeriksa untuk Anda).Biaya perangkat keras dapat menjadi cukup signifikan karena anda akan memerlukan modem ADSL khusus dan filter ADSL untuk menggunakan layanan ini. Kebanyakan ISP memungkinkan Anda untuk menyewa barang-barang yang dapat mengurangi biaya awal. Karena sambungan ADSL memerlukan firewall untuk melindungi PC Anda.

Koneksi dial-up

Image result for koneksi dial up
koneksi Dial-up adalah salah satu jenis koneksi internet yang tersedia dari ISP, mereka adalah yang paling lambat dan (biasanya) yang paling murah. Koneksi dial-up memungkinkan Anda untuk terhubung ke internet melalui server lokal menggunakan modem standar 56k. PC Anda benar-benar cepat (maka nama) nomor telepon (yang disediakan oleh ISP Anda) dan menghubungkan ke server dan karena itu internet. Setelah terhubung anda dapat memanfaatkan semua aspek internet, kelemahan dengan koneksi dial-up adalah kecepatan. 56k Modem standar secara teoritis dapat mentransfer data 56 kilobit per detik, ini berarti bahwa Anda dapat (lagi secara teoritis) transfer hingga 7 Kilobyte kedua (walaupun untuk mendapatkan 7k penuh dekat karena tidak mungkin untuk biaya overhead kompresi). Ketika Anda menganggap bahwa rata-rata halaman web termasuk gambar adalah sekitar 50 Kilobyte, ini berarti akan memakan waktu sekitar 7 detik untuk halaman web untuk sepenuhnya beban pada browser Anda.
Di atas ini, sebagian besar (walaupun tidak semua) penyedia layanan butuh beberapa menit untuk koneksi dial-up Anda, sehingga cukup lama waktu yang dibutuhkan untuk memuat halaman yang Anda kunjungi, semakin banyak membayar untuk koneksi ,biaya biasanya sama seperti yang Anda akan membayar untuk panggilan telepon lokal.

Koneksi dial-up Pro
koneksi Dial-up bisa sangat ekonomis dan tersedia secara luas, biaya per menit adalah sebanding dengan panggilan telepon lokal, atau harga sebagai rencana bulanan yang akan mencakup waktu tertentu. Seperti koneksi menggunakan modem standar biaya hardware yang minimal, paling modern laptop memiliki built-in 56K modem.
Kenyataan bahwa Anda hanya memerlukan saluran telepon standar untuk terhubung membuat koneksi dial-up yang besar bagi ketika Anda berpindah tempat, terutama jika Anda menemukan diri di lokasi tanpa jalur koneksi WIFI.
Koneksi dial-up Cons
koneksi Dial-up sangat lambat dibandingkan dengan jenis sambungan lain. Saat tersambung ke internet saluran telepon yang sama tidak dapat digunakan untuk panggilan telepon, jadi jika ada telepon Anda ketika Anda terhubung mereka akan mendapatkan sinyal sibuk.
koneksi Dial-up transfer data melalui saluran analog sehingga sebelum data tersebut dikirim itu harus dikonversi dari digital ke analog, juga ketika data diterima itu harus dikonversi dari analog ke digital, ini menambahkan overhead kinerja yang mempengaruhi kecepatan koneksi.

Koneksi Kabel
Image result for koneksi kabel
Kabel sambungan dianggap salah satu jenis koneksi internet terbaik tersedia untuk pengguna rumahan, mereka menawarkan koneksi sangat cepat dan handal dengan biaya bulanan yang tetap.
Perusahaan kabel biasanya menawarkan paket yang berbeda untuk memenuhi pelanggan internet yang berbeda, seperti halnya dengan semua koneksi internet, akan tergantung pada bagaimana kita berniat untuk menggunakan internet.
Paket-paket yang berbeda akan menawarkan spesifikasi kecepatan yang berbeda dan batas bandwidth.
Karena koneksi kabel menggunakan medium yang sama sekali terpisah untuk transfer data itu tidak mempengaruhi kemampuan Anda untuk membuat / menerima panggilan telepon.

Koneksi kabel Pro
Kecepatan adalah alasan utama untuk memiliki sambungan kabel, dengan kecepatan yang sangat tinggi paket yang tersedia, pilihan yang sangat baik bagi mereka yang tidak suka menunggu sekitar menekan jari-jari mereka saat men-download file-file besar seperti musik atau lampiran besar. Seperti koneksi ADSL, koneksi kabel transfer data digital, untuk menghilangkan overhead / analog konversi digital. Koneksi kabel yang Selalu aktif, menghilangkan menunggu lama untuk membuat koneksi.

Koneksi kabel Cons
Koneksi kabel tidak tersedia di setiap area, Anda akan perlu menghubungi perusahaan kabel pilihan Anda untuk memastikan bahwa Anda berada dalam jangkauan. Dan dalam menggunakan koneksi kabek ini diperlukan proteksi dengan firewall maupun antivirus ntu melindungi PC dari bahaya.

Koneksi Wireless
Image result for koneksi wireless
Wireless broadband kecepatan tinggi layanan Internet melalui teknologi nirkabel. Broadband nirkabel tersedia diwarung internet, lokal”hot spot” di dalam banyak kota, perusahaan-perusahaan swasta dan rumah-rumah.Keuntungan dari broadband nirkabel adalah bahwa komputer menerima sinyal Internet tidak perlu ditambatkan oleh Ethernet atau jaringan kabel untuk broadband modem atau router. Sebuah modem wireless/nirkabel broadband menerima layanan dan memancarkan melalui gelombang radio ke wilayah sekitarnya langsung. Setiap komputer yang dilengkapi dengan kapasitas nirkabel dalam menerima jarak dapat menangkap sinyal, membuat Internet ‘portabel. Cara yang paling umum untuk mengambil keuntungan dari broadband nirkabel adalah dengan menggunakan komputer laptop. Anda akan membutuhkan adaptor broadband nirkabel, yang umum tersedia dalam format (PC)kartu komputer portabel kartu. Ini adalah kartu kredit kecil gaya perangkat yang tergelincir ke port eksternal pada laptop. Dengan sedikit konfigurasi perangkat lunak, laptop akan mulai mencari sinyal broadband nirkabel.Setelah terdeteksi diperlukan antara laptop dan jaringan. Jika jaringan tidak dilindungi oleh sandi/password yang aman atau protokol firewall lainnya, laptop akan dapat terhubung ke sinyal broadband nirkabel.

Di warung internet dan area akses publik, kadang-kadang ada biaya diperlukan sebelum laptop diberikan akses nirkabel. Namun, banyak kota telah terpasang broadband nirkabel sebagai rasa hormat kepada warga mereka, dan akses publik adalah gratis. Anda mungkin perlu menemukan tempat yang tepat di dalam kota untuk mendapatkan akses, sebagai mendapatkan sinyal lemah semakin jauh mereka melakukan perjalanan dari sumbernya.

Karena broadband nirkabel ditularkan melalui gelombang radio, password yang aman dan firewall digunakan pada jaringan swasta untuk memastikan orang yang tidak berhak tidak dapat terhubung ke jaringan. pengguna yang tidak diinginkan dapat memperlambat lalu lintas jaringan dengan menggunakan sumber daya bandwidth, dan dapat menciptakan masalah yang lebih serius lainnya. Pengguna rumahan dengan broadband nirkabel juga sangat disarankan untuk menginstal langkah-langkah keamanan. Pengguna luar yang dapat terhubung melalui layanan nirkabel broadband pribadi mungkin digunakan untuk download materi ilegal atau melakukan kejahatan online lainnya .

Untuk mengatur perangkat keras untuk jaringan nirkabel, diperlukan modem broadband nirkabel, router dan switch, yang bisa dikombinasikan dalam sebuah perangkat murah tunggal. Sebuah saluran telepon diperlukan untuk layanan, Digital Subscriber Line ( DSL ) sementara televisi kabel diperlukan untuk broadband kabel. desktop biasanya berfungsi sebagai komputer utama di mana perangkat yang terhubung. Ada kabel fisik yang harus dijalankan dari modem broadband nirkabel untuk desktop, tetapi sinyal internet itu sendiri disiarkan secara nirkabel dan dapat diambil oleh remote komputer atau laptop di dalam rumah atau kantor.

Koneksi Satelit
Image result for koneksi satelit
Sama seperti satelit yang mengorbit bumi menyediakan link yang diperlukan untuk layanan telepon dan televisi, mereka juga dapat memberikan link untuk layanan broadband.Broadband satelit adalah bentuk lain dari broadband nirkabel dan sangat berguna untuk melayani daerah berpenduduk jauh atau jarang.

Hulu hilir dan kecepatan untuk broadband satelit tergantung pada beberapa faktor, termasuk paket penyedia dan jasa yang dibeli, garis konsumen penglihatan ke satelit yang mengorbit, dan cuaca. Satelit bisa terganggu dalam kondisi cuaca ekstrim. Biasanya konsumen dapat mengharapkan untuk menerima (download) pada kecepatan sekitar 1 Mbps dan mengirim (upload) pada kecepatan sekitar 200 kbps. Kecepatan ini mungkin lebih lambat dari DSL dan modem kabel, namun kecepatan download masih jauh lebih cepat dari kecepatan download dengan dial-up akses Internet.

Mendapatkan satelit broadband dapat lebih mahal dan terlibat daripada memperoleh modem DSL atau kabel. Seorang pengguna harus memiliki:

• stasiun kaki piring atau basa dua atau tiga – item yang paling mahal;

• Internet satelit modem; dan

• garis yang jelas terlihat ke satelit provider.

Untuk mengetahui apakah satelit broadband tersedia untuk rumah Anda, perusahaan broadband menghubungi satelit atau komisi pelayanan publik negara Anda.

Broadband GSM
Image result for broadband gsm
Broadband dengan GSM. GSM dengan tekhnologi 3G ( UMTS) , 3.5 G (HSDPA) salah satu sistem koneksi internet yang banyak dipakai saat ini. Dengan banyaknya operator yang telah mendukung maka sitem ini salah satu yang diminai. Operator Telkomsel , Indosat , XL dll sudah menyediakan d\fasilitas ini dibeberapa kota. Kelemahan sitem ini adalah kecepatan akses internet sangat tergantung dari jarak ke BTS terdekat operator yang kita pakai.

Tujuan Alamat IP dan Hubungan dengan Domain

Tujuan Alamat IP

  1. IP Adress digunakan sebagai alat identifikasi host atau antar muka pada jaringan

Fungsi ini di ilustrasikan seperti nama orang sebagai suatu metode untuk mengenali siapa orang tersebut. Dalam jaringan komputerpun berlaku hal yang sama yaitu alamat ip adress yang unik tersebut akan digunakan untuk mengenali sebuah komputer atau device pada jaringan.

  1. IP adress digunakan sebagai alamat lokasi jaringan

Fungsi ini diilustrasikan seperti alamat rumah yang menunjukkan lokasi kita berada. Untuk memudahkan pengiriman paket data, maka IP adress memuat informasi keberadaannya. Ada rute yang harus dilalui agar data sampai ke komputer yang dituju

Hubungan

Domain Name System (DNS) adalah sebuah tempat yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer

DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surel (e-mail) untuk setiap domain.

Menurut browser Google Chrome, DNS adalah layanan jaringan yang menerjemahkan nama situs web menjadi alamat internet. DNS menyediakan pelayanan yang cukup penting untuk internet, ketika perangkat keras omputer dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penjaluran (routing), manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dan nama domain, contohnya adalah penunjukan sumber universal (URL)dan alamat e-mail

Analogi yang umum digunakan untuk menjelaskan fungsinya adalah DNS bisa dianggap seperti buku telepon internet dimana saat pengguna mengetikkan www.indosat.net.id di peramban web maka pengguna akan diarahkan ke alamat IP 124.81.92.144 (Ipv4) dan 2001:e00:d:10:3:140::83 (Ipv6).

Fitur Web Browser

1. Fitur yang Terdapat pada Browser Mozila Firefox

Ketika anda menggunakan browser ini maka anda akan mendapatkan fasilitas dari fitur-fitur yang disediakan oleh pihak mozila sebagai berikut:

  • Tabbed Browsing
  • Integrated Ssearch Engine
  • Autofill
  • Save Tabs
  • Custumization Options
  • Bookmarks
  • RSS Feeds
  • Automatic Update
  • Password Manager
  • Find On Page Function
  • Zoom
  • Add Ons
  • Spell Check
  • Open Source Development
  • Seamless Download Manager
  • Synchronize
  • Parental Controls

2. Fitur yang Terdapat pada Browser Google Chrome

Ketika anda menggunakan browser ini maka anda akan mendapatkan fasilitas dari fitur-fitur yang disediakan oleh pihak chrome sebagai berikut:

  • Tabbed Browsing
  • Integrated Search Engine
  • Autofill
  • Save Tabs
  • Customization Options
  • Bookmarks
  • Rss feeds
  • Automatic update
  • Password manager
  • Find-On page function
  • Zoom
  • Add-ons
  • Spell Check
  • Open Source Development
  • Seamless Download Manager
  • Thumbnail Preview
  • Synchronize
  • Drag and Drop Download
  • Task Manager
  • Paste and Search
  • Pin Tab
  • Drag and Text Box Resize (Webpage)

3. Fitur yang Terdapat pada Browser Internet Explorer

Berikut beberapa fitur yang disediakan oleh pengelola browser internet explorer:

  • Inprivatte Browsing dan Filtering
  • Auto fill
  • Save Tabs
  • Customization Options
  • Bookmarks
  • Rss Feeds
  • Parental Controls
  • Zoom
  • Add Ons
  • Delete Browsing History
  • Search Box
  • Perlindungan Preferensi Pengguna
  • Accelerators
  • Web Slices
  • Suggested Sites
  • Smart Screen Filter
  • Favorites Bar
  • Caret Browsing

4. Fitur yang Terdapat pada Browser Opera

Ketika anda menggunakan browser ini maka anda akan mendapatkan fasilitas dari fitur – fitur yang disediakan oleh pihak Opera sebagai berikut:

  • Speed Dial
  • History Browsing
  • Discovery
  • New Skin
  • Private Mode
  • IDM atau Internet Download Manager
  • Integrated Search Engine
  • Autofill
  • Save Tabs
  • Password Manager
  • Mouse Gesture
  • Add ons
  • Bookmark
  • Cuztomization Option
  • Thumbnail Preview
  • Voice Interaction
  • Automatic Update
  • Zoom

5.  Fitur yang Terdapat pada Browser Safari Apple

Berikut ini beberapa fitur yang dapat user atau pengguna temuka ketika mengoperasikan browser safari :

  • Tab Browsing
  • Integrated Search Engine
  • Autofill
  • Save Tabs
  • Customization Options
  • Bookmarks
  • Rss Feed
  • Automatic Update
  • Password Manager
  • Find On Page Function
  • Add ons
  • Spell Check (Pemeriksaan Ejaan)
  • Snapback
  • Resizeable Texs Box
  • Integrasi Top Sites

Komponen Alamat Web

  1. Top Level Domain

Top Level domain adalah merupakaan alamat utama dari domain, dibedakan menjadi

  1. Generic Top Level domain

Merupakan nama domain biasanya  berupa tiga huruf terakhir dalam nama domain misalnya

.com   : Commerce, komersial

.co      : Company, perusahaan

.org    : Organization, organisasi

.gov    : Government, pemerintah

.net     : layanan internet

Contoh www.google.com

  1. Country code top level domain

Merupakan nama domain yang merupakan kode Negara tertentu, misalnya :

.id   untuk Negara Indonesia

.fr  untuk Negara perancis

.uk untuk united kingdom

.us untuk united states ( amerika)

.au untuk Australia

.it untuk  Italia

contoh : www.kaskus.us

  1. Second Level Domain

Merupakan sub domain dari first level domain,letak second level domain adalah di sebelah kiri first level domain atau setelah nama domain . misalnya adalah .sch.id, co.id, ac.id

Misalnya adalah www.sman6-yogya.sch.id

  1. Third level Domain

Merupakan sub domain dari second level domain, letak dari third level domain ini bisanya sebelum nama domain misalnya www.ppdb.sman6-yogya.sch.id

.id merupakan first level domain

.sch merupakan second level domain

.ppdb merupakan third level domain

Cara Pencarian Efektif di Web

1. Gunakan kata kunci yang spesifik
Ketika melakukan pencarian melalui Google hindari menggunakan kata-kata yang terlalu umum. Gunakanlah kata kunci yang lebih spesifik karena Google adalah sebuah mesin yang tidak mungkin bisa memahami kebutuhan informasi yang diinginkan oleh masing-masing orang.

Sebagai contoh ketika Anda sedang mencari informasi tentang Sejarah Komputer, maka jangan lupa untuk mengetikkan kata kunci “Sejarah Komputer” di Google. Sebaliknya jika Anda hanya mengetikkan komputer di Google, maka kemungkinan besar hasil yang Anda dapatkan tidak akan sesuai dengan harapan.

2. Gunakan kata kunci yang lebih bervariasi
Jika Anda belum menemukan informasi yang ingin Anda dapatkan meski telah menggunakan kata kunci yang lebih spesiifk, mencoba dengan kata kunci yang lebih bervariasi tentu merupakan langkah yang patut untuk dicoba. Bagaimanapun seluruh informasi di internet pada dasarnya berasal dari manusia yang tentu saja diungkapkan dalam beragam cara dan bahasa.

Oleh karena itu tidak ada salahnya jika Anda menggunakan kata kunci yang lebih bervariasi dalam mencari informasi dari internet. Sebagai contoh ketika Anda mengetikkan kata “LTE concept” dan tidak mendapatkan informasi yang memuaskan, maka mencoba mencari dengan kata kunci “LTE tutorial” tentu bisa Anda lakukan sebagai sebuah alternatif.

3.  Gunakan kalimat tanya
Selain mencari informasi dengan menggunakan kata kunci, mencari tahu dengan menggunakan kalimat tanya juga dapat Anda pakai sebagai alternatif. Sebagai contoh ketika Anda ingin menemukan informasi soal DLNA, Anda dapat menggunakan kalimat tanya “apa itu DLNA?”.Hasilnya dengan memakai kalimat tanya seperti iniselain lebih relevan, pertanyaan anda juga dapat langsung terjawab bukan?

4. Gunakan “tanda kutip”
Bila suatu saat Anda menggunakan Google untuk mencari informasi tentang ponsel dengan fitur DLNA dengan mengetikkan “DLNA enabled phone” hasil yang Anda dapatkan belum tentu berkaitan dengan merek dan model ponsel yang telah mendukung konektivitas DLNA.

Nah agar hasil pencarian yang Anda inginkan lebih relevan, gunakan saja salah satu trik google yaitu tanda kutip menjadi “DLNA Enabled Phone”. Dengan cara seperti ini, Google akan menghapus hasil pencarian yang tidak berkaitan dengan topik yang dicari.

5. Gunakan tanda plus (+) dan Min (-)

  • Tanda (+)
    untuk menambahkan kata yang ingin dicari pada pencarian informasi. misalkan “kematian tokoh manga” (ingat pakai tanda kutip) lalu khusus untuk tokoh naruto saja . Maka cukup anda tulis di “kematian tokoh manga” +naruto. Hasilnya selain mencari keyword “kematian tokoh manga” google juga akan menempatkan hasil pencarian teratas jika ada keyword “naruto”.
  • Tanda (-)
    Tentu saja digunakan untuk mengurangi hasil pencarian. Lalu apa gunanya? kenapa kita harus mengurangi hasil pencarian.Ini dikarenakan google mengindex semua halaman yang dianggapnya penting. Tidak peduli apakah itu sebenarnya hanya iklan, berita, bookmarking dsb.

Coba anda bayangkan kita akan mencari soal psikotes. tapi yang muncul hanya iklan dari orang yang menjual soal psikotes. Maka dari itu dan oleh karena itu kita gunakan tanda – untuk menghilangkan iklan. Menjadi “soal psikotes” -iklan.

Bisa juga anda menggunakan google supaya tidak mencari di situs tertentu. Terutama situs iklan baris atau situs bookmarking semacam digg.com atau lintasberita.com. contohnya “soal psikotes” – site:lintasberita.com

6. Informasi di internet itu bukan hanya website (file html)
Informasi di internet bukan hanya website ada beragam file semacam pdf, doc(ms word) bahkan flv (file video seperti di youtube). Caranya tinggal tambahkan kode filetype:”tipe “.

Misalnya ingin mencari soal psikotes dalam bentuk file pdf, Ya tinggal ketikkan saja “soal psikotes” filetype:pdf. Untuk melihat apa saja kode file yang didukung google bisa dilihat di google advanced

Manfaat dan Resiko Sosial Media

Related image

Manfaat sosial media sebenarnya yang bisa Anda gunakan :

  1. Jangkauan Koneksi Ke Seluruh Dunia
  2. Mempertemukan Orang dengan Ketertarikan Yang Sama
  3. Berbagi Informasi Secara Real-Time
  4. Menjangkau Target Pasar
  5. Peningkatan Sirkulasi Informasi
1. Jangkauan Koneksi Ke Seluruh Dunia

Tidak ada cara yang lebih mudah untuk menemukan seseorang selain menggunakan sosial media. Teman dan guru SD, sahabat pena dari luar negeri, bahkan rekan kerja bisa dengan cepat Anda temukan melalui sosial media.

Facebook, Twitter, LinkedIn dan Pinterest serta sosial media lainnya memungkinkan seluruh orang di dunia dapat berinteraksi satu sama lain. Hal ini pun kemudian memiliki banyak efek dan manfaat yang beragam.

Konektivitas bisa membantu Anda untuk :

  • Mencari pekerjaan
  • Menemukan lokasi
  • Menjual atau membeli produk beserta informasinya
  • Berkampanye
  • Mendapatkan berita dan sebagainya
  • Berbagi materi pelajaran
2. Mempertemukan Orang dengan Ketertarikan Yang Sama

Ketika Anda memilih untuk berpartisipasi dalam sebuah komunitas di jejaring sosial, Anda dapat memilih mana komunitas yang sesuai dan Anda inginkan. Misalnya Anda ikut dalam komunitas buku, komunitas yoga, atau komunitas olahraga tertentu.

Manfaat ini juga memungkinkan Anda untuk dapat saling berbagi pengalaman ataupun tips dan trik mengenai sesuatu. Pinterest misalnya, sukses untuk menjadikan dirinya sebagai sarana bagi orang lain untuk belajar dan berbagi informasi.

Manfaat sosial media dalam aspek ini bahkan bisa menyelamatkan nyawa seseorang. Pasalnya banyak komunitas sosial yang berkumpul untuk mencari dan membagikan donasi. Misalnya saja komunitas pendukung penderita kanker yang bertujuan untuk menyelamatkan para pasien atau memberi mereka kesempatan untuk mewujudkan impian mereka.

3. Berbagi Informasi Secara Real-Time

Banyak sosial media yang dilengkapi dengan fitur untuk melakukan chat sehingga antara Anda dan orang lain bisa berkomunikasi dan bertukar informasi secara real-time. Mungkin ini merupakan fungsi awal sosial media pertama kali diciptakan, untuk berkomunikasi.

Banyak pihak yang diuntungkan dengan fitur ini, misalnya pada lingkup sekolah. Seorang guru bisa menggunakan fitur ini untuk memfasilitasi kegiatan diskusi sambil mencari informasi pada internet. Atau bagi pengurus-pengurus perpustakaan, mereka tak akan mengganggu murid yang sedang membaca dengan cara berkomunikasi melalui sosial media.

Bagi Anda yang merupakan seorang pebisnis, Anda dapat memanfaatkan sosial media untuk dijadikan sebagai alat manajemen pertemuan tim misalnya. Anda juga bisa memanfaatkan sosial media untuk keperluan rapat atau seminar dan distribusi informasi.

4. Menjangkau Target Pasar

Jika Anda memiliki organisasi non-profit ataupun pemilik sebuah perusahaan produk/jasa, sosial media akan sangat membantu Anda untuk mencapai jutaan orang kapanpun yang Anda mau.

Sosial media memungkinkan Anda untuk menyebarkan konten produk atau jasa ke para target Anda. Setiap platform sosial media menawarkan berbagai tools atau fitur yang memungkinkan bagi sebuah bisnis untuk menyampaikan konten tertentu pada target mereka.

5. Peningkatan Sirkulasi Informasi

Tidak diragukan lagi, sosial media telah merevolusi kecepatan sirkulasi informasi atau berita. Banyak organisasi atau kantor berita yang bergantung pada sosial media untuk mengumpulkan dan membagikan informasi.

Kini Twitter telah menjadi sumber utama bagi masyarakat dan juga Anda untuk mendapatkan berita. Siapapun dapat mengetahui apa saja yang sedang terjadi di seluruh dunia secara real-time dengan penggunaan sosial media.

Sebagian efek dari manfaat ini dapat dikaitkan dengan penggunaan smartphone. Pasalnya persentase orang yang mengakses sosial media melalui smartphone terus meningkat. Sebuah penelitian yang dilakukan di Pew Center Study pada tahun 2014 mengatakan 40% pengguna smartphone mengakses sosial media dari perangkat mereka dan 28% diantaranya melakukan kegiatan ini setiap hari.

Sudah merasakan kelima manfaat di atas ? Jangan langsung tenang terlebih dahulu, karena biar bagaimanapun sosial media memiliki kekurangan dan kerugian dalam penggunaannya.

Kerugian Penggunaan Sosial Media:

1. Rentan Terjadi Kesalahpahaman

Sebuah bahasa satu negara berbeda dengan negara lainnya, sehingga sebuah konten yang misalnya saja Anda anggap sebagai sebuah lelucon bisa jadi berarti lain bagi orang lain. Hal ini berlaku terutama pada ruang lingkup politik dan agama.

Kesalahpahaman akan sebuah konten yang ada di sosial media dapat berujung pada masalah besar dan memiliki dampak di masa depan. Bahkan, komentar atau pendapat Anda mengenai suatu hal yang kemudian diposting di sosial media dapat berdampak bagi jalannya bisnis Anda.

2. Cyber Crime Atau Kejahatan Dunia Maya

Penggunaan sosial media yang tak semestinya dapat berujung pada penghinaan atau pelecehan terhadap orang lain, bahkan anak-anak. Bahaya lainnya yang suka terlupakan adalah konten-konten berbahaya seperti gambar atau video porno yang bisa diakses dengan mudah oleh anak-anak.

Selain itu seiring berkembangnya waktu kini muncul perilaku cyberbullying dimana orang lain baik perempuan maupun laki-laki diintimidasi secara negatif oleh pihak tak bertanggungjawab melalui sosial media.

3. Risiko Penipuan Atau Pencurian Identitas

Suka atau tidak, informasi yang Anda posting di internet telah menjadi konsumsi untuk semua orang, bahkan penjahat sekalipun. Banyak pelaku kejahatan yang dapat dengan mudah mengakses dan mendapatkan informasi diri Anda dan memanfaatkannya.

Jika mereka berhasil mencuri identitas diri Anda, maka bersiaplah untuk menghadapi yang terburuk. Sebuah laporan mengatakan, kejahatan ini merupakan salah satu bentuk kejahatan yang paling cepat berkembang dan menelan banyak korban.

4. Membuang Waktu

Business Insider melaporkan bahwa sosial media adalah penggunaan paling populer dari internet bahkan melebihi penggunaan email. Sementara itu smartphone dan perangkat mobil lainnya juga telah menjadi pendorong penggunaan internet dengan peningkatan sebanyak 60%.

Poling yang dilakukan oleh The GlobalWebIndex menunjukkan 28% waktu yang orang lakukan di internet adalah untuk mengakses sosial media. Pada angka tersebut, tercatat akses dilakukan pada jam kerja sehingga mengakibatkan perusahaan kehilangan produktivitas.

Laporan dari Forbes mengatakan 89% dari responden mengaku telah membuang waktu mereka mengakses sosial media pada jam kerja.

5. Invasi Privasi Perusahaan

 

Sumber :
http://www.progresstech.co.id/blog/manfaat-sosial-media/
http://datautamanet.blogspot.co.id/2013/04/definisi-broadband.html
Buku Ajar TIK SLTP untuk Sekolah Bertaraf Internasional
Rahman,Abdul.2013.Modul TIK Kelas X.Yogyakarta:SMA Negeri 6 Yogyakarta

Browser Terbaik dari Segi Kecepatan, Tampilan, Fitur dan Keamanan

Leave a Reply

Your email address will not be published.